Komitmen Anti Korupsi, SMK PP Kementan raih Sertifikat ISO 37001:2016

Komitmen Anti Korupsi, SMK PP Kementan raih Sertifikat ISO 37001:2016

KUPANG. NUSA FLOBAMORA -Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang, mendapatkan Sertifikat SNI ISO 37001 : 2016 setelah sebelumnya pada pertengahan April 2023 lalu PT Garuda Sertifikasi Indonesia telah melakukan pemeriksaan atau audit Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP)

Audit Sistem Manajemen Anti Penyuapan Ini dilakukan sebagai bentuk konsistensi dari SMK PP Kupang dalam menjalankan sistem pemerintahan yang bersih dari isu penyuapan.

Pentingnya pengelolaan anti penyuapan dalam Manajemen Pendidikan Kejuruan adalah untuk mengidentifikasi, mencegah dan mendeteksi terjadinya penyuapan terutama bagi sekolah vokasi salah satunya SMK-PP Negeri Kupang.

Seperti yang disampaikan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo bahwa kita harus berhati-hati dan tidak main-main dalam hal penanganan penyuapan.

“Jujur adalah salah satu sikap yang dapat memperkuat pertanian kita, ketika SDM kita jujur maka tidak ada kata untuk melakukan suap,” tegas Syahrul.

Mendukung pernyataan Menteri Pertanian, Dedi Nurysamsi, Kepada Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) mengatakan,

“Sebagai badan yang mengelola sumber daya manusia, sudah selayaknya kita menerapkan anti penyuapan untuk pertanian yang bersih dan transparan,” ujar Dedi.

Kadek Ayu Irma selaku Lead Auditor PT Garuda Sertifikasi Indonesia menyampaikan bahwa audit eksternal berjalan dengan baik.

“Tidak ada temuan yang berarti, semua dokumen yang diaudit dapat dipertanggungjawabkan,” jelas Irma.

Stepanus Bulu, Kepala SMK-PP Kupang dalam penutupan Audit ISO 37001 : 2016 ini menyampaikan bahwa sejauh ini kami telah melaksanakan audit internal dengan baik.

“Kami sangat menghargai masukan yang ada untuk kami kedepannya dalam audit eksternal ini sehingga hal ini menjadikan kami lembaga yang lebih baik dalam menerapkan anti penyuapan,” jelas Stepanus.

Bagian yang dilakukan audit diantaranya bagian Tata Usaha, bagian keuangan, bidang kesiswaan, bidang sarana dan prasarana, bidang humas dan industri, bidang kurikulum dan bidang penjaminan mutu.

Jerih lelah seluruh guru dan pegawai SMK-PP Negeri Kupang dalam menyiapkan dokumen-dokumen pendukung terbayar lunas dengan telah terbitnya sertifikat ISO 37001 : 2016 pada tanggal 10 Mei 2023.

Sebagai informasi bahwa sertifikat ISO 37001: 2016 yang diperoleh ini bernomor seri G.05 – ID0890 – V – 2023. Untuk masa berlaku sertifikat yaitu sampai dengan 9 Mei 2026.(*/Rilis Berita SMK PPP N Kupang-Luluk Juan/ER)

error: Content is protected !!