BBPP Kementan Tingkatkan Kualitas Pelayanan dengan Audit Internal ISO 9001:2015

BBPP Kementan Tingkatkan Kualitas Pelayanan dengan Audit Internal ISO 9001:2015

KUPANG. NUSA FLOBAMORA – Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang sukses menyelesaikan proses audit internal sesuai dengan standar ISO 9001:2015 yang berlangsung selama tiga hari pada tanggal 09 – 11 September 2024.

Audit ini bertujuan untuk memastikan bahwa sistem manajemen mutu yang diterapkan di BBPP Kupang sesuai dengan persyaratan internasional dan mampu mendukung peningkatan berkelanjutan dalam pelatihan untuk peningkatan Sumber Daya Manusia Pertanian.

Dalam berbagai kesempatan, Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman menyampaikan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi tulang punggung penggerak pembangunan pertanian. Karenanya sudah seharusnya SDM pertanian memiliki kualitas yang mumpuni.

“Empat kunci yang perlu dipegang teguh agar SDM kita menjadi mumpuni, diantaranya ialah bekerja yang terbaik, fokus, cepat, dan berorientasi hasil”, sebut Menteri Amran.

Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Ida Widhi Arsanti, mengatakan Kementan terus memprioritaskan berbagai program dan kegiatan yang mendukung ketahanan pangan dalam negeri.

“SDM memegang peran yang sangat penting dalam perkembangan pertanian, karena menjadi faktor utama dalam peningkatan produktivitas dan ketahanan pangan” Kata Santi

Audit internal ini dilaksanakan oleh tim auditor yang berpengalaman dan terdiri dari anggota internal BBPP yang terlatih khusus dalam standar ISO 9001:2015.

Tim auditor telah melakukan pemeriksaan terhadap berbagai aspek SMM, mulai dari perencanaan, pelaksanaan, hingga evaluasi pelatihan.

Kepala BBPP Kupang, Indra Zakariya Rayusman menyampaikan bahwa audit internal merupakan bagian penting dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan produktivitas.

“Dengan melakukan audit secara berkala, kami dapat mengidentifikasi area-area yang perlu perbaikan dan mengambil tindakan korektif dengan cepat,” ujar Indra.

Selama proses audit, tim auditor menemukan beberapa area yang membutuhkan peningkatan dan memberikan rekomendasi untuk perbaikan.

Tim manajerial BBPP Kupang telah menyusun rencana aksi untuk menangani temuan tersebut dan akan segera melaksanakan langkah-langkah perbaikan yang diperlukan.

Audit internal ini juga menegaskan komitmen BBPP kupang dalam menerapkan prinsip-prinsip manajemen mutu yang solid, yang mencakup fokus pada kebutuhan pelanggan, peningkatan proses, serta keterlibatan dan pengembangan karyawan.

Dengan berfokus pada kepatuhan terhadap standar ISO 9001:2015, BBPP Kupang terus berupaya untuk meningkatkan efektivitas sistem manajemen mutu dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam pengembangan kapasitas dan keterampilan SDM pertanian di Indonesia.(*/Rilis Berita BBPP Kupang/ER)

error: Content is protected !!