BBPP Kementan Siap Lahirkan SDM Pertanian Berkualitas

BBPP Kementan Siap Lahirkan SDM Pertanian Berkualitas

KUPANG. NUSA FLOBAMORA –  Dalam rangka meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pertanian, Kementerian Pertanian (Kementan) yang dalam hal ini oleh Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang, sepakat jalin kerjasama bersama Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Taebenu, NTT, Selasa (17/9/2024).

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengungkapkan untuk dapat memperoleh hasil kinerja yang terbaik setiap lini dilingkungan Kementerian Pertanian diharapkan mampu menjalin kerjasama untuk dapat membangun pondasi supaya menjadi satu kesatuan yang utuh dalam mendukung percepatan program-program Kementerian Pertanian khususnya dalam peningkatan kualitas dan kapasitas SDM.

“Ingat, kita ini satu kesatuan yang harus terus bersinergi dan kolaborasi untuk mendukung program strategis pembangunan pertanian” ujar Amran.

Di lain kesempatan, Kepala Badan PPSDMP, Idha Widi Arsanti mengungkapkan hal yang sama.

“Dengan terjalinnya kerjasama antar lini organisasi akan lebih baik lagi dalam memfasilitasi pengembangan SDM pertanian Indonesia.” Kata Santi, sapaan akrabnya.

“Kami harap dengan terjalinnya kerja sama sinergis ini, bisa memfasilitasi perkembangan SDM di bidang pertanian, khususnya bagi petani-petani muda di Tanah Air.” lanjutnya

Kepala BBPP Kupang, Indra Zakaria Rayusman menyambut baik niat dan kedatangan pihak SMKN 1 Taebenu dan berharap dengan adanya kerjasama ini akan tercipta sinergi yang kuat antara kedua belah pihak serta dapat memberikan manfaat nyata bagi pengembangan sumber daya manusia di sektor pertanian.

“Kerjasama ini merupakan langkah penting untuk memperkuat keterampilan praktis siswa dan memastikan mereka siap menghadapi tantangan di dunia kerja. Dengan dukungan dan fasilitas yang kami miliki, kami berharap dapat memberikan pengalaman yang berharga bagi siswa SMKN 1 Taebenu dan mendorong pengembangan sektor pertanian di daerah ini, ujar Indra.

Selain itu, dengan adanya kerjasama ini juga diharapkan dapat menghasilkan lulusan dengan tingkat kompetensi yang tinggi dalam bidang pertanian, peternakan serta mampu menerapkan, mengembangkan, menyebarluaskan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) sesuai bidang keilmuannya.

Dalam Kesempatan tersebut PLT Kepala SMKN 1 Taebenu, Haslinda Nedjabawa menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi atas kesempatan yang diberikan untuk menjalin kerjasama dengan BBPP Kupang .

“Kerjasama ini adalah kesempatan besar bagi siswa-siswi kami untuk belajar dari para ahli dan praktisi di BBPP Kupang. Kami percaya bahwa pengalaman yang mereka dapatkan melalui PKL dan pelatihan ini akan sangat berharga dalam membekali mereka dengan keterampilan yang dibutuhkan di industry sektor pertanian”, kata Haslinda.

Adapun hasil akhir dari kesepakatan ini, disepakati 15 orang siswa – siswi SMKN 1 Taebenu akan melaksanakan PKL selama 90 hari hingga 05 Desember 2024 mendatang. (*/Rilis Berita BBPP Kupang/TM&LBR-ER)

error: Content is protected !!