Tingkatkan Profesionalisme ASN, Kementan Lakukan Pembinaan Pegawai di BBPP Kupang

Tingkatkan Profesionalisme ASN, Kementan Lakukan Pembinaan Pegawai di BBPP Kupang

KUPANG-NTT. NUSA FLOBAMORA – Kementerian Pertanian (Kementan) terus berkomitmen meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) aparatur sipil negara (ASN).

Salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pembinaan pegawai Balai Besar Pelatihan Peternakan Kupang (BBPP) Kupang yang dilaksanakan pada Senin (16/09/2024).

Bertempat di Aula Utama BBPP Kupang, pembinaan ini bertujuan untuk mewujudkan ASN yang profesional, berintegritas dan mampu memberikan pelayanan terbaik di masyarakat.

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan selalu menegaskan bahwa peningkatan kinerja SDM Pertanian haruslah meningkat.

“Di tengah musim yang tidak menentu ini perlu ada hal yang dapat mendongkrak kinerja kita, maka dari itu apa yang pimpinan sampaikan perlu menjadi perhatian kita semua untuk kebaikan”, tegas Mentan Amran

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian (BPPSDMP), Idha Widi Arsanti, menuturkan bahwa SDM memegang peran yang sangat penting dalam perkembangan pertanian, karena menjadi faktor utama dalam peningkatan produktivitas dan ketahanan pangan.

Kepala BBPP Kupang, Indra Zakaria Rayusman mengungkapkan, saat ini menjadi ASN tentu tidak mudah dan ada banyak tantangannya. Salah satunya, ASN dituntut untuk selalu disiplin dan cepat dalam pelayanan, karena ASN adalah pelayan publik.

“ASN pelayanan publik, oleh karena itu ASN tidak hanya bertalenta tetapi juga harus profesional dalam menjalankan tugas” ungkap Indra.

Ungkapan dari Indra di amini oleh Kepala Bagian Umum BPPSDMP, Ridwan Santosa.

“Sekarang ini, ASN adalah pelayan masyarakat. Jadi bagaimana kita bisa menciptakan organisasi yang bersifat Agile. Sehingga ke depan kita lebih bisa melayani masyarakat dan kita akan bisa untuk bekerja sesuai dengan target kinerja yang sudah disepakati, baik dari target nasional maupun target dari balai sendiri.” Tegas Ridwan.

Dihadapan pegawai BBPP kupang yang hadir, ada beberapa hal yang disampaikan oleh Ridwan dalam pembinaan pegawai kali ini, diantaranya adalah terkait manajemen ASN, rambu-rambu sebagai seorang ASN terkait mengelola displin dan larangan terkait Perjudian Online. (*/Rilis Berita BBPP Kupang/SW&TM-ER)

error: Content is protected !!