Mekarnya Brokoli Organik BBPP Kupang

Mekarnya Brokoli Organik BBPP Kupang

KUPANG. NUSA FLOBAMORA– Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman mengatakan tanaman hortikultura merupakan salah satu komoditas andalan sehingga dapat menjadi pilihan yang baik untuk dibudidayakan.

Menteri Pertanian, Amran Sulaiman mengatakan sektor pertanian di era new normal atau pasca covid 19 harus diperkuat sehingga benar-benar menyokong utama perekonomian nasional. Sebab covid 19 membuat dunia berubah.

“Oleh karena itu, Indonesia adalah bangsa pejuang. Kita harus menjadi garda terdepan dan lokomotif memajukan perekonomian melalui sektor pertanian. kita harus semangat menyediakan pangan. Jangan sampai rakyat teriak lapar. Ini tantangan bersama yang harus kita menangkan,” kata Amran.

Mentan Amran menambahkan “pangan lokal yang sehat dan bergizi dapat diperoeh dengan memanfaatkan pekarangan di sekita kita. Menghadapi pelemahan ekonomi dan dampak pasca pandemi jawabannya adalah pertanian,” ungkap Mentan.

Dilain kesempatan Kepala Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian, Idha Widi Arsanti mengatakan apabila kita serius untuk memanfaat pekarangan rumah dengan melakukan budidaya tanaman sayuran organik dapat menambah pendapatan keluarga.

“Budidaya sayuran organik memberi manfaat banyak untuk kita, manfaatkan pekarangan rumah, hasilnya bisa dikonsumsi sendiri dan kelebihannya bisa di jual,” tutur Idha.

Idha Widi menambahkan “dalam budidaya pertanian harus melibatkan teknologi. Melalui teknologi yang diterapkan hasil maksimal bisa diraih. Volume produksi tinggi, kalau kegiatan usaha tani dilaksanakan secara maksimal maka kesejahteraan besar akan dinikmati petani atau siapapun yang mengusahakan budidaya tersebut,” terangnya.

Hal inipula yang diwujudkan oleh Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang. Melalui divisi tanaman pangan dan hortukultura melakukan kegiatan bertanam dan mengelola lahan yang ada di BBPP Kupang.

Tanaman Hortikultura seperti Brokoli dipilih untuk ditanam memenuhi lahan pekarangan BBPP Kupang. selain itu BBPP Kupang juga terus mengelola lahan pekarangan lainnya untuk nantinya akan ditanami berbagai jenis tanaman hortikulutura.

Kepala BBPP Kupang Indra Zakariya Rayusman mengatakan pengelolaan lahan harus maksimal jangan ada lahan kosong manfaatkan dengan menanam tanaman hortikultura yang akan menghasilkan PNBP untuk Balai

“Kegiatan pemanfaatan lahan ini dilakukan selain untuk mengindahkan instruksi dari Mentan yaitu pengelolaan lahan kosong  namun juga sebagai salah satu kegiatan menambah PNBP BBPP Kupang” ujar Indra

Ditambahkannya Kabalai brokoli sayur yang sangat di gemari semua kalangan Masyarakat.

“Brokoli dipilih sebagai salah satu komoditi yang ditanam karena sayur ini cukup digemari oleh seluruh kalangan masyarakat. memiliki nilai gizi yang cukup lengkap. memiliki nilai ekonomis yang baik sehingga dapat menjadi sumber pendapatan yang menjanjikan dan juga sayur sawi memiliki masa panen yang cukup singkat,” ungkapnya.

Kegiatan menanam Brokoli telah dilaksanakan sekitar 3 bulan yang lalu. oleh karena itu pada tanggal September juli  BBPP Kupang melakukan panen Brokoli organik. Brokoli organik ini tentunya memiliki keunggulan. yaitu aman secara kimiawi karena tidak menggunakan pupuk kimia. lebih menyehatkan tubuh. nilai gizi yang lebih baik. memiliki rasa yang lebih lezat. dan umumnya dapat lebih bertahan lama.

Brokoli mengandung aneka nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, seperti serat, protein, karbohidrat kompleks, air, dan mineral kalium, magnesium, kalsium, fosfor, zinc, serta zat besi. Selain itu, brokoli juga kaya akan vitamin A, vitamin B, folat, vitamin C, vitamin E, dan vitamin K.

Sederet Manfaat Brokoli Hijau yang dikutip dari aladokter.com

Ragam manfaat brokoli hijau ini bisa didapatkan oleh siapapun yang rajin mengonsumsinya. Berikut ini adalah beberapa manfaat brokoli hijau untuk kesehatan:

Memelihara kesehatan jantung dan pembuluh darah
Salah satu manfaat brokoli hijau yang utama adalah menjaga kesehatan jantung. Ini berkat kandungan serat, antioksidan, dan kalium yang cukup banyak di dalam brokoli hijau.

Serat dan antioksidan pada brokoli hijau bermanfaat untuk menurunkan kolesterol dan mencegah pembentukan plak (aterosklerosis) di pembuluh darah. Sedangkan kalium bermanfaat untuk membantu menjaga tekanan darah dan irama jantung tetap stabil.

Mencegah kanker

Di dalam brokoli hijau terkandung sulforaphane. Zat inilah yang memberikan rasa pahit pada brokoli. Namun, kandungan zat ini diyakini dapat menurunkan risiko terkena penyakit kanker, seperti kanker usus besar dan kanker paru-  paru. Selain itu, antioksidan di dalam brokoli hijau juga diduga berpengaruh dalam mengurangi peradangan. Efek ini diduga dapat menjaga kesehatan sel tubuh dan mencegahnya berubah menjadi kanker. Inilah alasan mengapa  brokoli termasuk dalam salah satu jenis makanan yang dibenci sel kanker.

Melancarkan pencernaan

Serat dan air yang terkandung di dalam brokoli hijau juga bermanfaat untuk merangsang gerakan usus dan memperlancar pencernaan. Oleh karena itu, brokoli hijau baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan saluran cerna dan mencegah sembelit.

Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Kandungan vitamin C  dan antioksidan lain di dalam brokoli hijau juga mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Anda. Sistem imunitas tubuh yang kuat dapat membantu tubuh Anda melawan infeksi.

Mencegah keriput

Brokoli hijau mengandung banyak antioksidan, termasuk vitamin C. Vitamin ini diketahui dapat membantu mencegah dan memperbaiki kerusakan kulit yang disebabkan oleh paparan sinar matahari dan polusi, serta mengatasi kulit kering. Brokoli hijau juga dipercaya dapat mencegah keriput dan membantu memperbaiki tekstur kulit Anda secara keseluruhan.

Meningkatkan kepadatan tulang

Brokoli hijau memiliki kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin K yang cukup tinggi. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga kepadatan tulang, memperkuat tulang dan sendi, serta mencegah penyakit osteoporosis yang  membuat tulang keropos. Selain itu, terdapat juga manfaat brokoli untuk penyakit radang sendi karena ada kandungan nutrisi lainnya seperti vitamin C dan sulforafan.(*/Rilis Berita BBPP Kupang/ER)

error: Content is protected !!