Harapan Lurah dan Warga Belo Terkait Program Jemput Bola Dukcapil Kota Kupang

Harapan Lurah dan Warga Belo Terkait Program Jemput Bola Dukcapil Kota Kupang

KUPANG. NUSA FLOBAMORA – Jajaran Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kota Kupang terus safari mendekatkan pelayanan kepada warga.

Program jemput bola yang diberi nama” Sepe Manise” kali ini tim memilih berkantor di Kelurahan Belo Kecamatan Alak Kota Kupang, Jumat 30 Agustus 2024 untuk melayani administrasi kependudukan warga.

Lurah Belo, Robinson E.Lona, SH saat di jumpai di ruang kerjanya mengatakan, strategi untuk mengamankan pelayanan dari Dispenduk di Kelurahan Belo, pertama adalah memanfaatkan WA grup Kelurahan, di dalam grup tersebut ada sebagian warga sudah di grup Kelurahan itu, tetapi ada yang belum, untuk menyebarkan informasi tentang pelayanan dari Dispenduk di Kelurahan Belo.

Selain itu juga informasi ini disampaikan kepada LKK Kelurahan dengan harapan bisa maksimal menyampaikan kepada masyarakatnya.

Kelurahan juga memanfatkan tempat-tempat ibadah yang ada di Kelurahan Belo untuk membantu umumkan kepada umat bahwa ada pelayanan adminduk di Kelurahan Belo.

Wilayah Kelurahan Belo sendiri kata Lurah Robinson, ada 28 RT dan 11 RW.

Ia juga berharap pelayanan jemput bola yang dibuat oleh Dispenduk, segala persoalan menyangkut dengan data kependudukan warga itu dalam pelayanan 1 hari di Kelurahan Belo ini bisa terlayani.

Tetapi harapan itu tentu ada kendalanya, karena pelayanan cuma satu hari sementara kesibukan masyarakat itu juga tidak bisa diabaikan.

Ada yang sibuk dengan pekerjaan dan aktifas lainnya sehingga mereka sulit untuk membagi waktu untuk datang kesini.

“Saya berharap agar semua masyarakat yang masih ada soal dengan identitas kependudukan harus bisa teratasi dengan program ini, sehingga layanan-layanan ikutan masyarakat nanti tidak terbentur dengan persoalan identitas kependudukan yang belum tuntas ” jelasnya

Dengan kegiatan jemput bola dari Dispenduk ia juga berharap, dengan kegiatan ini masyarakat Belo bisa memanfaatkan sebaik-baiknya sehingga data kependudukan seluruh lapisan masyarakat yang berjumlah 1500an KK sedangkan jumlah jiwanya 7000an itu betul-betul terdata dengan baik.

Lurah Belo Robinson juga mengatakan, ada beberapa hal yang tidak bisa teratasi dengan baik misalnya, mutasi penduduk dari daerah lain ke Belo itu yang pelayanannya harus langsung ke Kantor Dispenduk Kota Kupang dan tidak bisa dilayani disini.

Ada juga orang-orang tua yang sudah meninggal beberapa tahun lalu itu tentu ada alur layanan yang tidak bisa dilayani di sini juga.

Karena itu harus melalui sidang pengadilan. Jika ada ketetapan pengadilan baru bisa di buat akta kematian buat warga yang sudah meninggal 10 sampai belasan tahun lalu.

Sementara itu Ketua RT 27 Kelurahan Belo, Paulus Lisboi mengatakan, bahwa setuju dengan pelayanan yang didekatkan kepada masyarakat terutama Kelurahan Belo.

” Kami merasa bahwa warga ini sebagian punya kesibukan. Jadi warga yang ingin merubah identitas kependudukan itu tidak ada kesempatan. Jadi saya sangat setuju bila Dispenduk mengambil sikap jemput bola. Saya juga berharap jangan cuma hari ini saja pelayanannya, tetapi tiap 3 bulan Dispenduk turun ke Kelurahan untuk mengadakan pembaharuan data kependudukan” harap Paulus.

Tetapi kalau Dispenduk tidak ambil sikap untuk melayani di tiap-tiap Kelurahan, terus terang masyarakat yang punya pekerjaan tetap dan tidak punya waktu untuk manfaatkan pelayanan di Kelurahan Belo ini, mereka punya data kependudukan yang lama.

Jadi sebagia RT, dirinya merasa agak terganggu karena ketika mendata warga, mereka masih memakai data yang lama walaupun itu bisa dipakai dimana saja. Tetapikan dibutukan data yang jelas di dalam lingkungan Rt 27.

Sehingga warga yang notabene berpenghasilan rendah, ada bantuan-bantuan dari pemerintah kebanyakan tidak terlayani, karena data atau identitasnya tidak di rubah . sehingga jatahnya dikembalikan ke pemerintah. Kalau identitasnya jelas warga Keluraha Belo itu bisa dilayani dengan baik.

Ia berharap agar warga bisa memanfaatkan pelayanan yang dilakukan oleh Dispenduk dengan baik. Agar data yang lama bisa di rubah, KTP yang belum ada bisa langsung di layani dan akte kelahiran dan juga Kk bisa terlayani dengan baik.(ER)

 

error: Content is protected !!