Penjabat Wali Kota Kupang Ingatkan Soal Pentingnya Posyandu

Penjabat Wali Kota Kupang Ingatkan Soal Pentingnya Posyandu

KUPANG. NUSA FLOBAMORA– Penjabat Wali Kota Kupang, Fahrensy P. Funay mengingatkan soal pentingnya posyandu dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat.

Untuk itu, kegiatan advokasi dan koordinasi pokjanal posyandu sangat penting karena memberikan informasi- informasi terkait kesehatan masyarakat.

Hal ini disampaikan Fahrensy P. Funay saat membuka dengan resmi kegiatan advokasi dan koordinasi pokjanal posyandu tingkat Kota Kupang, Senin 10 Juni 2024 di On the Rock Hotel.

Dikatakan Penjabat Fahrensy, kegiatan ini sangat penting karena memberikan informasi- informasi terkait dengan tugas bagaimana melakukan pelayanan masyarakat di tingkat posyandu.

Adapun tujuan kegiatan ini adalah sebagai upaya komitmen untuk menjadikan posyandu sebagai lembaga yang dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat.

Fahrensy mengatakan, kegiatan ini sangat penting karena akan memberikan informasi- informasi terkait dengan tugas, bagaimana melakukan pelayanan kesehatan di tingkat posyandu.

Dirinya menjelaskan, dalam waktu dekat tim Provinsi NTT dalam hal ini Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa yang mengkoordinir posyandu akan mengadakan lomba posyandu dengan kriteria yang telah disiapkan.

” Saya berharap Dinas terkait, Kecamatan, Kelurahan bekerja sama dengan puskesmas bisa menyiapkan kadernya untuk mengikuti lomba dalam hal posyandu, Agar kita bisa tau sudah sejauh mana kemampuan kader-kader posyandu ini” terangnya.

Penjabat Fahrensy mengucapkan terimahkasih kasih kepada OPD terkait dengan kegiatan ini.

” Saya berharap agar peserta bisa peduli benar dengan daerah ini, sekecil apapun yang terlibat itu sangat penting. Maka semua materi yang sudah diberikan bisa di cerna dengan baik dan dilaksankan ke tingkat bawah” pungkasnya

Sementara Ketua Panitia, I. G. A. Suarnawa, S. KM. M. Kes dalam laporannya mengatakan, data posyandu yang ada di Kota Kupang sebanyak 350.

Hanya ada satu posyandu yang kurang aktif yaitu posyandu Dharma Kasih Kelurahan Penfui.

Sedangkan Posyandu yang sudah launching posyandu integrasi layanan primer yaitu posyandu Bethlehem Sehati Kelurahan Naikolan Kota Kupang.

Diharapkan, bagaimana kader posyandu dapat menguasai 25 ketrampilan dasar, guna melaksanakan pelayanan dasar dan kunjungan rumah.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari, 10-11 Juni 2024. Dengan pemateri dari Bapeda Kota Kupang, Dinas Kesehatan Kota Kupang dan Tim Penggerak PKK Kota Kupang.(ER)

error: Content is protected !!