KONI NTT Target Masuk 10 Besar PON di Aceh dan Sumatera Utara Tahun 2024

KONI NTT Target Masuk 10 Besar PON di Aceh dan Sumatera Utara Tahun 2024

KUPANG. NUSA FLOBAMORA- Ketua KONI NTT, Josef Nae Soi menegaskan dengan melihat segala persiapan dan pembinaan yang dilakukan terhadap para atlet, pihaknya memberi target NTT bisa masuk 10 besar.

Pada PON di Medan Sumatera Utara dan Aceh, NTT mengirim 182 atlet yang sudah lolos Pra PON untuk bisa bersaing merebut medali terutama cabang olahraga yang menjadi andalan NTT.

Josef Nae Soi menyampaikan ini pada kegiatan jumpa pers di Kantor Gubernur NTT, Rabu (17/4/2024). Turut hadir Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga NTT serta beberapa pejabat lainnya.

Dijelaskan mantan Wakil Gubernur NTT ini bahwa KONI NTT bersama pemerintah NTT telah membahas mengenai keikutsertaan atlet di ajang PON yang bakal digelar di Aceh dan Medan pada tahun 2024 ini. Selain itu dibicarakan mengenai NTT bersama NTB menjadi tuan rumah pelaksanaan PON tahun 2028.

Terkait dengan ajang PON 2024, kata Josef, sebagai informasi bahwa NTT pada ajang PON ini lolos pra PON 182 atlet terutama yang juara 1,2,3.

Dengan melihat kesiapan para atlet dan dukungan penuh dari pemprov, lanjut Josef, KONI NTT menargetkan bisa masuk 10 besar dan mudah-mudahan dari 70 nomor cabang bela diri unggulan NTT bisa sapu bersih medali yang disiapkan.

“Kami minta dukungan dari media dan pemerintah untuk KONI atas pengiriman atlet ke PON tahun ini,” katanya.

Dirinya menambahkan, seperti diketahui dalam Undang Undang nomor 11 Tahun 2022 bahwa Olahraga terdiri dari 4 unsur jasmani, rohani, sosial dan budaya.

Olahraga di NTT diusahakan untuk memasyarakat selain budaya bisa diperkenalkan di Medan dan Aceh nanti. Ini momen yang luar biasa dari Nusa Terindah Toleransinya ke Nusa Terindah Toleransi di bagian barat Indonesia.

Sementara Penjabat Gubernur NTT, Ayodhia Kalake mengatakan, terkait dengan apa yang disampaikan Ketua KONI bahwa ini sudah didiskusikan beberapa waktu lalu dan Pemprov NTT bakal dukung penuh.

Seperti diketahui bahwa spirit olahraga yang dihasilkan atlet asal NTT bisa tembus pra PON merupakan capaian yang luar biasa.

Menurutnya, setiap atlet cabang olahraga yang bakal memenuhi target meraih medali pasti akan mendapatkan skala prioritas dukungan.

“Keberhasilan dari 182 atlet yang akan bertanding pada 90 nomor pertandingan dan 24 cabang olahraga tentu ini keberhasilan KONI NTT. Pemrov memberikan dukungan berupa pemberian tali kasih atas keberhasilan baik di PON maupun even nasional dan internasional lainnya,” tandasnya.

Terkait dengan persiapan jadi tuan rumah PON tahun 2028 bersama provinsi NTB, kata Kalake, dirinya telah komunikasi dengan pemerintah NTB dan disepakati akan duduk satu meja membicarakan sedetail mungkin mengenai kesiapannya.

“Ini tentu momen yang baik selain kita ikut PON di Medan dan Aceh juga NTT jdi tuan rumah nanti. Saya mohon dukungan masyarakat agar pelaksanaan berhasil dan pembinaan ini bisa mengharumkan nama NTT dan Indonesia di even-even internasional,” harap Kalake.(ER)

 

error: Content is protected !!