Pentas Seni Budaya Jadi Agenda Rutin Tahunan di Kelurahan Oebufu

Pentas Seni Budaya Jadi Agenda Rutin Tahunan di Kelurahan Oebufu

KUPANG. NUSA FLOBAMORA- Pemerintah Kelurahan Oebufu, Kecamatan Oebobo Kota Kupang menjadikan Pentas Seni Budaya sebagai agenda rutin tahunan. Setiap bulan Agustus akan diselenggarakan pentas seni budaya melibatkan semua unsur yang ada di kelurahan ini.

Lurah Oebufu, Set Batmalo, SH. MH kepada media ini di ruang kerjanya, Selasa (21/11/2023) mengaskan, untuk pentas seni budaya yang telah dicanangkan mantan penjabat Wali Kota Kupang, George Hadjo akan tetap dipertahankan.

Dikatakannya, pentas seni budaya dalam melestarikan budaya NTT akan jadi agenda rutin oleh kelurahan yang digela setiap tahun di bulan Agustus Minggu pertama.

Tujuannya tentu melestarikan budaya NTT yang begitu kaya dan melibatkan semua usia baik setingkat SD, SLTP SLTA sehingga ada rasa cinta budaya dari anak-anak.

Selain itu juga dengan agenda rutin setiap tahun ini harapannya memberi dampak ekonomi buat penenun mendapat berkah kemudian sanggar budaya bisa bergairah juga mengangkat Seni budaya yang selama ini belum dikenal oleh warga baik di tingkat nasional ataupun internasional.

“Salah satu contoh tarian gerakan kaki dari suku Rote Ndao yang selama ini belum diangkat ke publik juga seni budaya lainnya yang ada di NTT,” katanya.

Konsepnya mengajak warga mencintai budaya etnis di NTT dan lomba tarian sekaligus meramaikan bulan Agustus menyongsong perayaan hari Kemerdekaan Indonesia.

Ditambahkannya, selain festival itu juga ada kegiatan lomba kebersihan soal tempat sampah juga lomba pidato soal kebersihan yang tetap dijadikan agenda rutin tahunan.

“Harapannya warga ikut mendukung dgn berpartisipasi pada festival ini dalam melestarikan budaya NTT,” pungkasnya.(ER)

 

error: Content is protected !!