Tim BPS Provinsi NTT Gerilya Laksanakan PL-KUKM 2023

Tim BPS Provinsi NTT Gerilya Laksanakan PL-KUKM 2023

KUPANG. NUSA FLOBAMORA- Tim dibawah Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi NTT bakal gerilya melakukan pendataan PL-KUMKM 2023 di lapangan yang dimulai dari tanggal 15 September- 14 Oktober 2023.

Karena ragam kebijakan pemerintah dalam pemberdayaan KUMKM membutuhkan indikator-indikator makro serta data mikro KUMKM by name by adress.

Oleh karena itu diperlukan basis data tunggal koperasi dan KUMKM yang akurat dan menyeluruh. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut.

Hal ini dijelaskan Statistisi Ahli Madya BPS NTT, Demarce Sabuna, saat memberikan keterangan tentang pendataan lengkap KUMKM 2023, Senin 2 Oktober 2023 di Aula Lant II BPS Provinsi NTT.

Dijelaskan Demarce di Indonesia Karakteristik dan keberadaan koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah( KUMKM) sangat dinamis dan berkembang.

Dikatakannya, pendataan lengkap koperasi dan UMKM dilaksanakan bertahan mulai tahun 2022 sampai dengan 2024 dimaksudkan untuk memperoleh data koperasi dan UMKM yang bergerak di berbagai aktifitas usaha kecuali usaha pertanian.

Sedangkan untuk tahun 2023 PL-KUMKM untuk pendataan lapangan di mulai dari tanggal 15 September- 14 Oktober 2023.

Adapun tujuan dari PL- KUMKM jelas Demarce, untuk memperoleh profil mencakup:
– Pelaku Usaha
– Unit Usaha/ perusahaan menurit wilayah maupun lapangan usaha.
– Penggunaan tenaga kerja
– Pasokan dan pasar
– Struktur pendapatan dan pengeluaran dari kegiatan usaha/ perusahaan
– Permodalan dan
-Pemanfaatan digitalisasi pada koperasi dan UMKM.

Sedangkan informasi yang di data PL-KUMKM 2023, yaitu:
a. Identitas pelaku usaha/ perusahaan
b. Identitas Usaha/ badan usaha
c. Karakteristik usaha/ perusahaan
d. Sumber daya manusia
e. Proses Produksi/
bisnis
f.Pemasaran
g. Status Keuangan.

Provinsi NTT, ada 16 Kabupaten /Kota yang melaksanakan kegiatan PL-KUMKM 2023. Yaitu, Kabupaten Sumba timur, TTU, Belu, Alor, Lembata, Sikka , Ngada, Manggarai, Rote Ndao, Sumba Tengah, Sumba Barat Daya, Nagekeo, Manggarai Timur,Sabu Raijua, Malaka dan Kota Kupang.

Demi kelancaran pendataan PL-KUMKM 2023 ini, sebanyak 2.838 petugas di Provinsi NTT diterjunkan untuk melakukan kegiatan ini. Terdiri dari Koseka, pengawas lapangan dan pencacah lapangan.

Adapun kelengkapan petugas jelas Demarce, dilengkapi dengan ID CARD dengan Barkode yang dapat di Scan.

Petugas memakai topi bertuliskan PL-KUMKM 2023 dengan logo BPS dan Kemenkop di sisi kiri kanannya. Petugas juga dilengkapi dengan surat tugas pelaksanaan PL-KUMKM 2023.

Demarce menghimbau kepada masyarakat untuk menerima kedatangan petugas PL-KUMKM 2023 dengan menjawab pertanyaan dengan benar serta jujur.(ER)

error: Content is protected !!