Semarakkan Hari Kemerdekaan, Siswa SMKPP Kementan Siap Jadi Tim Pengibar Bendera

Semarakkan Hari Kemerdekaan, Siswa SMKPP Kementan Siap Jadi Tim Pengibar Bendera

KUPANG. NUSA FLOBAMORA – Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-78 menjadi momentum bersejarah yang tidak pernah kita lewatkan.

Berbagai perayaan dan perlombaan seyogyanya dilakukan demi memeriahkan hari besar ini.

Tak terkecuali SMK PP Negei Kupang yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) dari Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan) dan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP) untuk berpartisipasi sebagai perwakilan dari Kementerian Pertanian (Kementan) di Kabupaten Kupang.

Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo mengajak seluruh UPT lingkup Kementerian Pertanian untuk memeriahkan HUT RI ke-78 melalui kegiatan yang diselenggarakan di masing-masing wilayah.

Ia menyampaikan “Dengan bertambahnya umur negara kita Indonesia, harus diimbangi dengan bertambahnya semangat petani milenial agar cita-cita terwujud melalui pertanian yang handal”, tutur Syahrul.

Selaras dengan pernyataan Mentan, Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi bahwa menumbuhkan jiwa nasionalisme di zaman seperti ini sangat sulit.

“Generasi mudalah yang harus terus melakukan hal-hal positif dengan menanamkan nilai-nilai kedisiplinan, kerja keras dan integritas, serta cinta tanah air,” sebut Dedi.

Berada di wilayah Kecamatan Fatuleu, SMK PP Negeri Kupang yang turut mengambil peran dalam mendukung terlaksananya upacara bendera di Kecamatan Fatuleu.

Beberapa peserta didik dari SMK PP Negeri Kupang terpilih menjadi petugas pengibar bendera.

Tim pengibar bendera ini merupakan tim yang berhasil lolos melalui seleksi dari Bintara Pembina Desa (Babinsa) dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Dari sejumlah peserta didik yang mengikuti langsung proses seleksi menjadi petugas pengibar bendera, 20 orang terpilih yang mana 12 orang berasal dari peserta didik SMK PP Negeri Kupang.

Seleksi yang dilakukan mulai dari tes fisik, tinggi badan, kedisiplinan dan yang utamanya adalah kemampuan baris berbaris. Tim inilah yang akan mengibarkan bendera Merah Putih pada HUT RI ke-78.

Dalam persiapannya, SMK PP Kupang menjadi yang terpilih menjadi tempat karantiana.

Seluruh peserta didik yang tergabung dalam tim pengibar bendera selama 2 minggu tinggal di asrama SMK PP Kupang untuk melakukan latihan intens dalam persiapan upacara bendera yang dibimbing juga oleh Babinsa Koramil Camplong.

Kepala SMK PP Kupang, Stepanus Bulu mengungkapkan rasa bangga kepada peserta didik yang terpilih.

“Kepada seluruh pasukan pengibar bendera yang bertugas, berilah kemampuan terbaik kalian. Kalian adalah yang terpilih. Kami sangat mendukung selama kegiatan tersebut positif dan dapat mengangkat nama baik sekolah di masyarakat,” ujar Stepanus.

Rangkaian Upacara pengibaran bendera HUT ke-78 RI rencananya akan dilaksanakan di Lapangan sepak bola Kampung Amab, Kelurahan Camplong, Kecamatan Fatuleu.(*/Rilis Berita SMK PP N Kupang- Luluk Juan/ER)

error: Content is protected !!