SMAN 9 Kupang Bekali 259 Siswa Baru dengan Beragam Materi di MPLS

SMAN 9 Kupang Bekali 259 Siswa Baru dengan Beragam Materi di MPLS

KUPANG. NUSA FLOBAMORA- SMAN 9 Kota Kupang mengawali tahun ajaran baru 2023/2024 denganmenggelar kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) bagi 259 siswa baru.

Kegiatan MPLS yang digelar tanggal 17-18 Juli 2023 ini menghadirkan dinas terkait termasuk jajaran Polri dan TNI dengan beragam materi buat siswa baru sebagai bekal selama mereka menempuh pendidikan di lembaga ini.

Adelgina N.Liu S.pd selaku Kepala SMAN 9 Kota Kupang ketika ditemui di ruang kerjanya, Senin (17/7/2023) mengatakan soal tujuan dilaksanakan MPLS bagi para peserta didik.

Menurutnya, ini bertujuan agar siswa mengetahui lingkungan sekolah baik yang bergerak maupun tidak bergerak dan dalam kegiatan MPLS itu sendiri dengan menghadirkan 11 pemateri.

Pembagiannya, pemateri dari dalam lingkungan sekolah sebanyak 5 orang dan pemateri dari luar sekolah sebanyak 6 orang.

Dijelaskan Adelgina, materi-materi ini juga selain untuk pengenalan lingkungan sekolah juga merupakan bagian dari pengenalan kerja sama antaran pihak sekolah dengan pihak dinas-dinas instansi terkait.

Ia menyebut dinas-dinas instansi yang terkait dalam kegiatan PMLS ini yaitu keamanan lingkungan pematerinya dari POLRI, cinta tanah air pematerinya TNI, PBB juga pematerinya masih TNI, pengenalan tentang narkoba pematerinya dari BNN, pengenalan tentang reproduksi pematerinya dari UKS Kota Kupang.

Kegiatan MPLS ini selain diselenggarakan oleh panitia dari kesiswaan, lanjut Adelgina selaku pimpinan di lembaga ini juga menyampaikan beberapa pokok pikiran.

Dirinya memberikan bekal pengetahuan kepada siswa baru soal kurikulum tentang cara belajar di sekolah, pengenalan sarana prasarana juga ada materi lain sebagai tambahan dari bagian kehumasan sekolah.

Untuk pemateri dari luar seperti Polda NTT, KOREM 161/Wira Sakti, BNN, PMR dan UKS dijelaskan soal hal-hal teknis agar para siswa bisa memahami perihal kenakalan remaja juga menjaga kesehatan diri.

 

Kasrem Korem 161/Wira Sakti Kupang, Kolonel Simon Petrus Kamlasi saat membawakan materi tentang ‘CINTA TANAH AIR DAN BELA NEGARA’

Ditambahkan Adelgina, kerjasama dengan pihak luar sebagai pemateri pengaruhnya luar biasa buat siswa.

Bukan hanya mengetahui lingkungan sekolah itu seperti apa tetapi juga mereka mengetahui bahwa dari pihak sekolah sedang bekerja sama dengan pihak luar yang membuat mereka merasa bangga dan takjub.

Siswa bisa melihat bahwa sekolah mereka di datangi oleh orang-orang hebat dan memotivasi mereka agar bisa belajar dari para orang hebat yang tampil ditengah-tengah mereka nantinya.

Adapun tema dari materi yang akan dibawakan para pemateri dari instansi luar sekolah antara lain, wawasan kebangsaan, cinta tanah air dan bela negara, keamanan lingkungan, pertolongan pertama pada kecelakaan, reproduksi dini, dan pengetahuan tentang narkoba.

Materi-materi tersebut hanya akan di ajarkan hanya dalam bentuk teori dan dalam bentuk praktek lapangannya hanya akan dilakukan yaitu peraturan baris berbaris (PBB) yang belajar tentang penyesuaian dan kerja sama dalam tim.

“Saya juga perlu informasikan bahwa tidak semua guru berpartisipasi dalam kegiatan MPLS ini. Karena bertepatan dengan jadwal belajar mengajar jadi hanya guru-guru yang masuk dalam struktur kepanitiaan saja yang berpartisipasi dalam kegiatan tersebut,” tambah Adelgina.

Untuk diketahui siswa yang telah diterima dan mengikuti MPLS sebanyak 259 orang
baik dalam zona maupun di luar zona.

Kegiatan MPLS ini diselenggarakan selama dua hari tanggal 17-18 Juli 2023 yang dimulai dari Pukul 07.00 WITA dan berakhir pada Pukul 17.00 WITA.(*/Rilis Berita Mario Hayong/ER)

error: Content is protected !!