Lansia di Penfui Dapat Ilmu Soal Manfaat Konsumsi Asam Lemak Omega-3

Lansia di Penfui Dapat Ilmu Soal Manfaat Konsumsi Asam Lemak Omega-3

KUPANG. NUSA FLOBAMORA- Pengurus Daerah Persatuan Putra putri Angkatan Udara (PD PPPAU) NTT dalam merealisasikan programnya di bidang kesehatan, maka melakukan kunjungan ke wilayah kerja Puskesmas Penfui pada Sabtu 20 Mei 2023.

Kehadiran pengurus ini untuk mengadakan kegiatan sosialisasi konsumsi asam lemak omega-3 untuk pengendalian tekanan darah.

Kegiatan yang berlangsung di kantor Kelurahan Penfui ini dihadiri oleh Kepala Puskesmas Penfui, drg Haryono, Ketua PPPAU NTT, Dr Lewi Jutomo, Sekretaris Guntoro, Pengurus PPPAU, Petugas Kesehatan Puskesmas Penfui.

Para Peserta Sosialisasi terdiri dari kaum lanjut usia (Lansia) baik perempuan maupun laki-laki yang mengikuti program Prolanis dari Puskesmas Penfui.

Ketua PPPAU NTT, Dr. Ir. Lewi Jutomo, M.Si, dalam menyampaikan materinya dengan mengambil tema” Promosi kesehatan konsumsi asam lemak omega-3 untuk pengendalian tekanan darah” di wilayah kerja Puskesmas Penfui.

Dosen Pengajar pada Fakultas Kesehatan masyarakat Universitas Nusa Cendana ini, dalam paparannya menyampaikan, asam lemak omega 3 adalah asam lemak tidak jenuh jamak yang mempunyai ikatan rangkap pada atom karbon nomor 3 dari ujung gugus metil.

Diperlukan oleh tubuh ( esensial bagi tubuh) dan harus ada dalam susunan hidangan ( diet) sehari-hari untuk di konsumsi.

Asam lemak Omega 3 pada pangan nabati masyarakat NTT jelasnya, terdiri dari, buah kenari, labu kuning termasuk bijinya, advokat, kacang merah( brenebon) dan bunga kol.

Sedangkan dari hewani yakni, ikan kombong padi ( ikan kembung), ikan tuna blang kuning, ikan tuna blang biru dan ikan lele.

Sedangkan apa saja manfaat dari mengkonsumsi omega-3 bagi lanjut usia, Lewi Jutomo membeberkannya sebagai berikut.

1. Mengkonsumsi omega-3 bermanfaat menurunkan tekanan darah dan kadar lemak sehingga dapat menurunkan serangan jantung atau stroke.

2. Mengurangi risiko penyakit menular lainnya seperti, radang sendi, depresi, alzheimer.

3. Menstabilkan atau mempertahankan fungsi otot dan tulang.

4. Berfungsi sebagai anti oksidan sehingga dapat mencegah kerusakan sel-sel tubuh dan memperbaiki sel-sel tubuh yang telah rusak.

5. Meningkatkan kecerdasan atau fungsi kognitif dan memperbaiki suasana hati( mood).

6. Menghambat risiko penurunan daya ingat( dimensia).

7. Meningkatkan fungsu kekebalan tubuh( imunitas).

8. Sebagai anti – inflamasi( anti radang.

Usai menyampaikan paparannya, Dr Lewi mempersilahkan untuk para peserta mengajukan pertanyaan.

Peserta yang terdiri dari lansia ini begitu antusias untuk bertanya dengan tujuan agar mereka lebih paham lagi tentang makanan yang di konsumsi secara benar serta manfaat dari mengkonsumsi Omega-3.

Dengan harapan agar sosialisasi ini jangan berakhir sampai disini saja, tetapi akan terus berlanjut.

Setelah puas dengan jawaban yang di berikan oleh pemateri Dr Lewi, mereka pulang ke rumah masing-masing dengan dibekali Obat-obatan Vitamin Omega 3 dan telur yang di bagikan oleh pengurus Putra putri Angkatan Udara NTT.(ER)

error: Content is protected !!