Buka Pendaftaran, SMK PP Kementan siap Rekrut Calon Petani Milenial Super

Buka Pendaftaran, SMK PP Kementan siap Rekrut Calon Petani Milenial Super

Pembukaan pendaftaran calon siswa SMK PP N Kupang

KUPANG. NUSA FLOBAMORA – Sekolah Menengah Kejuruan Pertanian Pembangunan (SMK-PP) Negeri Kupang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah Badan Penyuluhan dan Pengambangan Sumber Daya Manusia (BPPSDMP), tepatnya Pusat Pendidikan Pertanian (Pusdiktan).

Sebagai UPT yang ada dibawah Pusdiktan, tentunya SMK-PP sangat yamengedepankan kualitas SDM, sehingga tujuannya agar para alumni nantinya dapat menjadi SDM yang berdaya saing dan unggul seperti visi dan misi sekolah.

Seperti apa yang disampaikan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo bahwa memperkuat SDM pertanian adalah hal yang wajib dilakukan oleh Kementerian Pertanian karena jika SDM tidak kompeten, tentunya akan berpengaruh terhadap hasil pertanian.

“Bicara pertanian berarti bicara pengembangan SDM pertanian. Mereka harus diperkuat karena pembangunan pertanian masa depan membutuhkan pelaku pelaku yang kompeten agar dapat meningkatkan produksi,” papar Syahrul.

Kepala BPPSDMP Dedi Nursyamsi mendukung pernyataan tersebut.

“Kunci pembangunan pertanian ialah peningkatan produktivitas yang tiada lain garda terdepannya adalah SDM yang kompeten. Karena dari SDM itulah kita bisa menjamin ketersediaan pangan bagi 276 juta penduduk Indonesia. Maka dari itu SMK-PP memiliki peran penting dalam menyiapkan qualified job seeker and job creator. ujar Dedi.

Melalui Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) inilah akan dijaring peserta didik yang memiliki potensi dan akan dibimbing selama 3 tahun dalam asrama sehingga nantinya SDM inilah yang akan menjadi generasi petani milenial dan siap dalam mendukung ketahanan pangan.

Saat ini SMK PP Negeri Kupang membuka pendaftaran peserta didik baru khususnya yang berdomisili di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Pendaftaran dilakukan secara offline sehingga setiap calon peserta didik baru diwajibkan mengumpulkan seluruh berkas secara langsung ke kampus SMK PP Negeri Kupang. Pendaftaran ini akan dibuka pada tanggal 15-31 Mei 2023.

Kepala SMK-PP Negeri Kupang, Stepanus Bulu sangat berharap bahwa bibit-bibit unggul dari calon peserta didik baru ini potensinya bisa dikembangkan dalam lingkungan pendidikan yang memadai seperti SMK-PP.

Seleksi peserta didik terdiri dari 4 seleksi diantaranya Seleksi Administrasi, Seleksi Kemampuan Akademik, Seleksi Wawancara dan Seleksi Kesehatan.

Dalam Seleksi Administrasi, ada beberapa dokumen persyaratan yang harsu dilengkapi seperti fotokopi Ijazah Sekolah Menengah Pertama (SMP), Surat Keterangan Hasil Ujian Sekolah (SKHUS), Raport, Kartu Keluarga (KK), KTP orang tua dan juga pas foto hitam putih terbaru.

Serta bagi peserta didik putri haruslah memiliki tinggi badan minimal 145 cm, dan putra minimal 150 cm.

Untuk Seleksi Kemampuan Akademik, Seleksi Wawancara dan Seleksi Kesehatan hanya dilakukan bagi peserta didik yang telah lolos pada seleksi administrasi sesuai dengan prosedur atau aturan yang telah ditetapkan.

Untuk informasi lebih lanjut dapat dilihat melalui media sosial SMK-PP Negeri Kupang yaitu Instagram, Facebook, dan Twitter.(*/Rilis Berita SMK PP N Kupang-Luluk Juan/ER)

error: Content is protected !!