Antisipasi Lonjakan Penumpang Jelang Nataru, PT Angkasa Pura I Siapkan Posko Pengamanan

KUPANG. NUSA FLOBAMORA – PT Angkasa Pura I Bandara El tari Kupang Provinsi Nusa Tenggara Timur, jelang hari Raya Natal 2022 dan Tahun 1 Januari 2023 atau Nataru memprediksi akan ada kelonjakan penumpang dari rata-rata perharinya 3.400 penumpang kemungkinan ada kenaikan sekitar 4000 penumpang perharinya.

Mengantisipasi ini maka PT Angkasa Pura I menyiapkan posko angkutan Natal dan Tahun Baru terpadu, posko keamanan dan kesehatan yang di laksanakan bersama TNI, Polri, AKP dan instasi terkait dengan penerbangan.

General Manager PT Angkasa Pura I Bandara El Tari Kupang, I Nyoman Noer Rohim di dampingi Devi Budihandayani Legal, Compliance and Stakeholder Relation Manager menyampaikan hal ini saat bincang-bincang dengan media Nusa Flobamora di ruang kerjanya, Jumat ( 9/12/2022)

Di katakan Noer Rohim, Bandara El Tari jelang Nataru telah melakukan persiapan-persiapan sama seperti tahun sebelumnya, seperti persiapan fasilitas dan juga keamanan di bandara.

“Jelang Nataru ini selain di siapkan fasilitas, juga keamanan. Kita siapkan posko angkutan natal tahun baru terpadu, posko keamanan dan kesehatan yang di laksanakan bersama TNI, Polri, AKP dan instasi terkait dengan penerbangan” jelasnya

Noer Rohim menjelaskan, saat ini penerbangan yang beroperasi di Bandara El Tari antara lain, pesawat Garuda dengan jadwal penerbangan seminggu 3 kali pada hari selasa, kamis dan sabtu.

Pesawat Lion Air penerbangan setiap harinya 3 kali dengan rute Surabaya dan sekali ke Denpasar.

Pesawat Citilink penerbangannya itu setiap hari tujuan Jakarta dan untuk Surabaya jadwalnya Selasa, Kamis dan Aabtu. Pesawat Super Air Jet penerbangannya setiap hari tujuan ke Surabaya

Untuk penerbangan ke Tambolaka, Denpasar, Maumere dan Waingapu ada pesawat Nam Air. Sedangkan pesawat Wings Air melayani penerbangan intra NTT.

Noer menambahkan, teman-teman dari monitor setiap harinya memonitor pembukuan calon penumpang. Dari situlah di lihat, apakah nantinya Nataru ini ada kelonjakan penumpang dan akan di tambah armada lagi.

Saat ini pesawat Lion Air yang beroperasi jenis 7 seri 800 dengan kapasitas 187 penumpang ekonomi. Apabila nantinya terjadi kelonjakan penumpang, bisa di up date pesawat yang seri 900 dengan kapasitas penumpang 215 orang.

Menurutnya apabila di NTT sendiri jelang nataru transportasi udara meningkat, pasti akan ditambah frekwensi penerbangan.

Karena kapasitas pesawat Wings Air yang beroperasi di NTT itu kapasitasnya hanya 75 seat, penerbangannya bisa di naikkan frekwensinya penerbangannya bisa sehari bisa dua atau 3 kali.

” Saya menghimbau kepada masyarakat yang akan melakukan penerbangan, untuk selalu patuhi protokol kesehatan karena pandemi belum berakhir. Siapkan kondisi tubuh yang fit. Untuk perjalanan jelang nataru ini, yang menggunakan penerbangan antar kota ke kota di Indonesia harus sudah booster. Saya juga ingatkan pesan tiket pesawat jauh-jauh hari karena keterbatasan penerbangan” pungkasnya.(ER)

error: Content is protected !!