Remaja Masjid dan Mahasiswa se-Kota Kupang Diberikan Bekal Keterampilan Jurnalistik

Remaja Masjid dan Mahasiswa se-Kota Kupang Diberikan Bekal Keterampilan Jurnalistik

KUPANG. NUSA FLOBAMORA – Sedikitnya puluhan remaja Masjid dan mahasiswa se-Kota Kupang mendapat bekal pengetahuan dasar jurnalis.

Kegiatan yang merupakan salah satu agenda dari rangkaian Safari Ramadan 2022 yang digagas Jurnalis Muslim Kota Kupang, NTT ini dibuka secara resmi oleh Camat Kota Lama,Yanto Jalil pada Selasa (12/4/2022).

Yanto Jalil dalam sambutannya menyampaikan salut dengan Jurnalis Muslim Kota Kupang yang mengagendakan kegiatan pelatihan dasar jurnalis buat para remaja dan mahasiswa.

Kegiatan ini dinilainya sangat positif karena melatih para remaja untuk bisa menulis. Dari kebiasaan menulis diharapkan bisa memberi manfaat dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat.

“Sekarang ini kita baca di media sosial banyak orang menulis hal-hal yang tidak sesuai dengan fakta. Akibatnya semua yang membaca terbawa untuk mempercayainya. Saya kira dengan bekal pengetahuan jurnalis ini, remaja dan mahasiswa bisa memperoleh tambahan pengetahuan yang menulis dengan benar dan dipercaya,” kata Jalil.

Dirinya berharap kegiatan seperti ini dapat berlanjut pada momen hari raya pada tahun berikutnya. Selain itu, perlu mempersiapkan agenda kegiatan seperti ini 3 bulan sebelumnya sehingga semakin mantap.

Ketua Panitia Safari Ramadan 1443 Hijriah Jurnalis Kota Kupang, NTT,Rusydi Saleh Maga dalam sambutannya menyampaikan terima kasih kepada Camat Kota Lama, Ketua Yayasan Al Faidah Mushola RSS Oesapa, bapak Nurdin Kajide, Iman Mushola Al Faidah, Bapak Haji Amin Dhuru, Ketua Seksi Dawah Mushola Al Faidah, Bapak Masri Blegur yang turut mendukung kegiatan Safari Ramadan tahun 2022.

Dirinya juga mengajak semua yang hadir untuk memohon doa agar impian jamaah Mushola Al Faidah RSS Oesapa untuk memiliki masjid yang sudah 21 tahun lebih terkendala adiministrasi persetujuan tanda tangan batas tetangga sekitar bisa terwujud, dan dicarikan solusi bersama, karena diketahui bersama bahwa NTT terkenal dengan istilah Negeri Terindah Toleransi.

“Saya juga menyampaikan salam hormat kepada para senior , Redaktur Victory News, Yes Balle, Station Meneger Radio Suara Timur, Eras Poke, Kontributor Inews Kupang, Okto Balla, dan rekan rekan wartawan dan panitia , serta peserta pelatihan jurnalistik dan undangan lainnya,” kata Rusydi.

Dikatakan Rusydi, pelatihan jurnalis ini bertepatan dengan bulan ramadan, bulan penuh berkah, dimana umat muslim berlomba-lomba berbuat amal kebaikan yang semata, ingin mendapatkan ridho dan pahala dari Allah Subhana Wataallah.

Maka atas dasar itu, para Jurnalis Kota Kupang NTT, merasa terpanggil untuk untuk berbuat amal baik di bulan puasa dengan menggelar kegiatan safari Ramadan Jurnalis Kota Kupang, NTT, dengan tema “Indahnya berbagi di Bulan Ramadhan, Iklhas Jalani Perintah Allah”.

Menurutnya, Pelatihan Jurnalistik bagi Remaja masjid dan Mahasiswa di Kota Kupang merupakan upaya sedekah yang dilakukan oleh para jurnalistis Kota Kupang NTT dengan ilmu jurnalis yang digelutinya.

Hal ini sesuai dengan hadist yang menyebutkan Barangsiapa menyampaikan satu ilmu saja dan ada orang yang mengamalkannya, maka walaupun yang menyampaikan sudah tiada (meninggal), ia akan tetap memperoleh pahala” (HR. Al Bukhari).

Dijelaskan Rusydi, indahnya berbagi di Bulan Ramadhan, Iklhas Jalani Perintah Allah dilakoni jurnalis Kota Kupang NTT dengan menggelar berbagai kegiatan.

Diantaranya, Kegiatan Pelatihan Jurnalistik bagi Remaja Masjid dan mahasiswa di Kota Kupang, Pembagian Paket Sembako bagi kaum dhuafa di OeEkam Kabupaten TTS dan Buka puasa bersama rekan-rekan wartawan yang akan digelar 23 April 2022 di Restorant Celebes Kupang.

“Pelaksanaan pelatihan jurnalisik ini berlangsung selama 1 hari, Selasa 12 April 2022 dan diakhiri dengan acara buka puasa bersama,” jelas Rusydi.

Adapun tujuan kegiatan pelatihan jurnalistik bagi remaja masjid dan mahasiswa di Kota Kupang, Selain sebagai bentuk pengabdian jurnalis kepada masyarakat dengan berbagi ilmu jurnlis di bulan ramadhan.

Diharapkan kepada remaja masjid dan mahasiswa yang mengikuti pelatihan ini, selain menambah ilmu juga membentuk kader muda yang anti hoaks dan tidak gampang terpengaruh dengan postingan yang berada di media sosial.

Jadilah kader muda yang sebelum menyampaikan infomasi di media sosial, di cek kebenaran informasinya dan sumber terpercaya, sehingga lewat jari dan postingannya tidak menimbulkan perpecahan atau konflik yang berujung pada persoalan hukum.

Pelatihan jurnalis ini diikuti oleh peserta yang merupakan utusan remaja masjid dan organisasi kemahasiswaan dengan pemateri yang profesional diantaranya pimpinan redaksi pos kupang, sahabat RRI serta victory News, jurnalis Antara, sahabat jurnalis dari Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kupang dan sahabat Jurnalis dari media online.

“Sebelum mengakhiri sambutan ada sebuah pesan yang ingin disampaikan yaitu, Pendidikan pada prinsipnya untuk mengangkat harkat dan martabat manusia dan merupakan kelanjutan natur dari proses memanusiakan manusia, karena pada dasarnya manusia akan selalu melakukan perkembangan pada arah yang lebih baik,” tandas Rusydi.

Tak lupa Rusydi menyampaikan terima kasih kepada sponsor seperti, PT Telkom Indonesia, PT Hutama Mitra Nusantara, PT Jamkrida NTT, Pengadaian Syariah Kupang, PT Jasarahaja, Bank TLM, UMKM Apasa, Rumah Makan Khazanah, Dinas Kesehatan NTT.

Juga untuk Harian Pos Kupang, Harian Timor Ekspress, Harian Victory News, TVRI Kupang, RRI Kupang, Zonalinenews.com, Nusa Flobamora, Matalinenews.com, Betanesia, Berita Buana.com, Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia ( IJTI) Kupang.

Ketua DPW PAN NTT, Bapak Awang Notoprawiro, Anggota DPRD Kota Kupang, bapak Jabir Marola, Camat Kota Lama, Bapak Yanto Jalil, Lakpesdam PW NU NTT, Djp Pajak dan Warung Nasi Sate Ponorogo Sarjana.(ER).

error: Content is protected !!