Pemkab Malaka Siapkan Lumbung Sosial untuk Penanggulangan Bencana

Pemkab Malaka Siapkan Lumbung Sosial untuk Penanggulangan Bencana

MALAKA. NUSA FLOBAMORA – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Malaka sudah menyiapkan lumbung sosial penanggulangan bencana. Persiapan lumbung Ini sebagai langkah antisipatif dan kesiapsiagaan bencana untuk membantu warga yang terdampak banjir akibat luapan Sungai Benenain.

Hal ini dikatakan Bupati Malaka, Dr. Simon Nahak, SH, MH melalui Kadis Sosial, Folgentius Bere Fahik, S. Pd, M.A.P ketika ditemui di lokasi banjir Desa Naimana Kecamatan Malaka Tengah, Kamis (24/2/2022) malam.

Didampingi Kabid Penanganan Bencana Dinsos Kabupaten Malaka, Emanuel Paulus Esminsen Manek, SE, Kadis Folgen mengatakan lumbung sosial penanggulangan bencana ditempatkan di tiga lokasi sebagai bantuan kesiapsiagaan bencana.

“Ketika ada banjir, atau bencana alam lain, bantuan yang disiapkan lumbung sosial disalurkan. Ini bantuan kesiapsiagaan. Pas ada bencana, bantuan disalurkan,” tandas Kadis Folgen.

Dijelaskan, lumbung sosial disediakan atas bantuan Kementerian Sosial yang ditempatkan di tiga lokasi yakni Desa Lawalu untuk melayani warga terdampak bencana di Desa Lawalu, Desa Fahiluka, Desa Naimana, Desa Bereliku, Desa Railor di Kecamatan Malaka Tengah dan Desa Motain di Kecamatan Malaka Barat.

Kedua, lumbung sosial Desa Lalaten untuk melayani warga korban bencana alam di Desa Laleten, Desa Kleseleon di Kecamatan Weliman dan Desa Motaulun, Desa Maktihan, Desa Naas di Kecamatan Malaka Barat, Desa Halibasar dan Desa Alkani di Kecamatan Wewiku.

Ketiga, lumbung sosial Desa Besikama untuk membantu warga di Desa Besikama, Desa Umatoos, Desa Lasaen, Desa Fafoe, Desa Sikun, Desa Oanmane dan Desa Rabasa di Kecamatan Malaka Barat.

Selanjutnya, lumbung sosial menyediakan bantuan bencana berupa sarana pembersih air minum, pakaian, mesin pompa air, sembako untuk disalurkan ketika akses transportasi ke lokasi bencana lumpuh.(*/ER).

error: Content is protected !!