Tingkatkan Kompetensi Petugas Layanan Publik, BBPP Kupang Gelar Workshop Bersama LP3I

Tingkatkan Kompetensi Petugas Layanan Publik, BBPP Kupang Gelar Workshop Bersama LP3I

KUPANG. NUSA FLOBAMORA– Dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan publik, Balai Besar Pelatihan Peternakan (BBPP) Kupang menggelar workshop bersama Lembaga Pendidikan dan Pengembangan Profesi Indonesia (LP3I) Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat kompetensi petugas layanan publik di BBPP Kupang, dimana BBPP Kupang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) di bawah naungan Badan Penyuluhan dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDMP) Kementerian Pertanian (Kementan) yang merupakan balai pelatihan yang melatih pada keahliah teknis, fungsional, dan profesi di bidang peternakan bagi aparatur dan non aparatur pertanian dalam rangka pengembangan sumberdaya manusia pertanian yang profesional.

Menteri Pertanian (Mentan), Andi Amran Sulaiman dalam berbagai kesempatan menegaskan bahwa kunci keberhasilan pertanian adalah dengan peningkatan pelayanan publik.

“Saya telah menginstruksikan seluruh pegawai Kementerian Pertanian, termasuk saya untuk berperan sebagai pelayan rakyat. Sebab, pelayanan publik adalah kunci keberhasilan sektor pertanian,” tegas Amran.

Senada dengan Mentan, Kepala BPPSDMP, Idha Widi Arsanti mengatakan pentingnya inovasi dan peningkatan kualitas layanan publik, khususnya di sektor pertanian.

“Pentingnya kita melakukan inovasi teknologi, selain itu juga transparansi dalam penyelenggaraan pelayanan publik. Dan fokus utama kita itu untuk kebutuhan masyarakat. Dimulai dari SDM Kementerian Pertanian kita lakukan pengembangan karena SDM yang berkualitas merupakan kunci keberhasilan dalam memberikan pelayanan publik yang baik,” kata Santi.

Workshop dilaksanakan di Aula BBPP Kupang, Kamis (29/08/2024). Dan diikuti oleh seluruh pegawai dari berbagai divisi di BBPP Kupang, workshop ini mengusung tema “Implementasi Pengelolaan Layanan Pengaduan dan Peningkatan Kompetensi Petugas Layanan Publik”.

Acara ini diharapkan dapat membekali pegawai dengan pengetahuan dan keterampulan yang diperlukan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat sebagai pengguna jasa layanan.

Kabag Umum BBPP Kupang, Siti Kamalia Kamal menyatakan bahwa kegiatan ini merupakan langkah strategis untuk mendukung peningkatan kualitas SDM, kususnya di bidang pelayanan publik.

“Sebagai lembaga pemerintahan tentu kita dituntut untuk memberikan layanan terbaik kita. Karena jika dalam proses pekerjaan kita bekerja secara baik dan memberikan pelayanan terbaik di bidang kita masing-masing tentu akan terlihat BBPP Kupang yang berkualitas dan menjadi citra positif dalam penilaian masyarakat. Saya berhatap dengan workhsop ini pemahaman kita tentang pengaduan dan pelayanan menjadi lebih baik kedepannya,” harap Siti.

Selama Workshop peserta mendapatkan materi terkait cara berkomunikasi. Dimana dimateri terdapat mengenai public speaking, teknik negosiasi, personal branding, marketing komunikasi dan juga komunikasi dalam sebuah organisasi.

Selain itu, dilakukan juga diskusi interaktif yang dimana pegawai kupang secara aktif bertanya, berbagi pengalaman dan tantangan yang di hadapi dalam melayani masyarakat.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi awal dari program-program pelatihan lainnya yang akan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh BBPP Kupang dan LP3I NTT, guna menciptakan layanan publik yang semakin berkualitas di BBPP Kupang.(*/Rilis Berita BBPP Kupang/SW/ER)

error: Content is protected !!